praktikum statistika II

Soal – soal latihan

  1. Sebuah perusahaan industry sabun di ibukota memprodusir antara lain 2 macam merek sabun mandi : 1. Sabun wangi cap ”Juwita” dan 2. Sabun wangi cap “Puspita”. Berdasarkan pengalaman dan survai sampel  yang sudah – sudah, manajemen menganggap setiap 1000 keluarga konsumen di ibukota , 500 keluarga suka sekali memakai sabun cap “Juwita” dan 500 keluarga suka sekali memakai sabun cap”Puspita”. Berdasarkan survai sampel lainnya, di ketahui pula bahwa dari sekian banyak konsumen sabun wangi , 32% menggunakan sabun wangi karena tertarik oleh bungkus iklannya yang menarik, 43% karena parfumnya dan 13% karena ukuran sabunnya (size).

Manajemen berkeputusan untuk mengadakan survai konsumen (consumers suvey) guna mengetahui apa sebenarnya guna daya tarik sabun “Juwita” dan “Puspita” terhadap konsumennya. Hasil survai ialah sebagai berikut: dari sampel yang teridiri dari 100 keluarga konsumen sabun “Juwita” , 40 suka “Juwita” karena bungkusnya dan iklannya, 50 karena parfumnya dan 20 orang karena ukurannya. Dari sampel yang teridiri dari 100 keluarga konsumen “Puspita”, 40 suka “Puspita” karena bungkus dan iklannya , 60 karena parfumnya dan 10 karena ukurannya. Tentukan apa yang menjadi daya tarik konsumen sabun “Juwita” dan sabun “Puspita” bila hanya diperolehkan menggunakan satu kriterium per sabun.

  1. Toko “Mawar” merupakan sebuah toko penjual barang-barang makanan dan minuman yang berusaha memberi service yang sebaik-baiknya kepada para pembelinya. Pada suatu hari, seorang pesuruh took tersebut karena kelalaiannya telah mencampurkan 8 kaleng ikan sardences yang masih baik isinya dengan 2 kaleng ikan sardences  yang rusak isinya. Untuk menjaga nama baik took tersebut , pemilik toko telah menjanjikan kepada para pmbeli  sadences di atas bahwa andaikata mereka memperoleh kaleng dengan sardences yang rusak isinya, ia bersedia mengganti dengan kaleng dengan sardences yang baik isinya dengan Cuma-Cuma.
    1. Berapakan probabilita pembeli pertama memperoleh 1 kaleng sardences dengan cuma-Cuma jika ia hanya membeli 1 kaleng dari 10 kaleng tersebut?
    2. Berapa probabilita pembeli pertama memperoleh 2 kaleng sardences dengan Cuma-Cuma bila ia membeli 4 kaleng sardences dari 10 kaleng di atas?
    3. Jika setiap pembeli hanya membeli 1 kaleng saja , berapa probabilita pembeli terakhir(pembeli ke sepuluh) memperoleh 1 kaleng dengan Cuma-Cuma?

Catetan : 2 kaleng sardences yang baik yang di sediakan sebagai pengganti tidak di ambil dari 8 kaleng yang baik yang terjual.

3.   Diketahui  :    A­ = pembaca “Intisari”

A2 ­= bukan pembaca “Intisari”

= Laki-laki

­B­2 ­ = Wanita

Dan p (A­) = 0,40; p (­B­2) = 0,55 dan p (B­I A2 ­) = 0,60

Pertanyaan :

  1. Cari  p (A­1­­ dan ­B­2), p (A­2­­ I ­B­1) dan p (A­2 dan ­B­2) serta jelaskan apa yang dimaksudnya dengan notasi tersebut.
  2. Selidiki apakah “pembaca” independen dengan kelamin

4 .   Hadiah pertama undian edaran minggu ke-3  bulan Maret 1981 ialah sebesar 250 juta rupiah. Seperti di ketahui jumlah angka yang terdapat pada undian tersebut sebanyak 49 angka dan seorang akan mendapat hadiah pertama apabila mempunyai lembaran undian yang mempunyai 6 angka yang sama dengan angka yang keluar dari undian tersebut.

  1. Apabila sesorang  mahasiswa membeli selambar undian, berapa probabilita mahasiswa tersebut mendapat hadiah pertama?
  2. Apabila harga selembar undian sebesar Rp 100,- berapa jumlah uang yang harus di keluarkan oleh mahasiswa tersebut agar ia pasti mendapat hadiah pertama itu?
  3. Berapa keuntungan atau kerugian yang di terima mahasiswa di dalam hubungan b?

5 .   Jawablah pertanyaan di bawah ini :

  1. Berapakah probabilita seorang mahasiswa lulus dalam 3 mata kuliah dari 5 mata kuliah yang di tempuhnya, jika probabilita seorang lulus dalam satu mata kuliah ialah ­­1\2­?
  2. Berapa pula probabilita seorang mahasiswa lulus dalam lebih dari 3 mata kuliah yang ditempuhnya itu?
  3. Berpa probabilita seorang mahasiswa lulus kurang dari 2 mata kuliah yang di tempuh /dipilihnya tersebut?

6.    Untuk suatu penelelitian yang di adakan guna melihat pasaran rokok dari berbagai merk, maka telah diinterview 120 orang laki-laki dewasa di Jakarta. Dari hasil pnelitian ini ternyata 20 orang tidak mengisap rokok dan dari yang mengisap rokok ternyata 60 orang menyenangi rokok kretek dan selebihnya bukan rokok kretek.

Ditanya :

  1. Berapa probabilitas laki-laki dewasa yang tidak merokok ?
  2. Berapa probabilitas  laki-laki yang mengisap bukan rokok kretek atau yang tidak mengisap rokok?
  3. Berapa probabilitas laki-laki ynag mengisap rokok kretek atau yang tidak mengisap rokok ?
  4. Berapa probabilitas dari orang yang merokok merupakan mengisap rokok kretek?
  5. Berapa probabilitas seorang itu merokok kretek atau tidak merokok sama sekali

7.  Dari 100 anggota DPR yang diinterview trnyata 40 telah memilih mobil merk Holdern, sedangkan lainnya tidak suka memilih merk Holdern , sedangkan 40 orang yang telah memilih merk tersebut terdapat 10 orang yang suka merk Fiat. Sebanyak 40 orang lainnya dari 100 anggota DPR ternyata tidak suka memilih merk Holdern ataupun Fiat.

Ditanya :

  1. Buatlah table silang untuk data di atas!
  2. Jika H menyatakan peristiwa seorang anggota DPR suka memilih merk Holdn dan F menyatakan peristiwa seorang anggota suk memilih merk Fiat. Hitunglah berturut-turut: p (H), p(F), p(H F), p(H I F).
  3. Berapakah besarnya probabilita untuk memperoleh seorang anggota yang hanya suka salah satu di antara kedua merk tersebut?
  4. Berapakah probabilita untuk memperoleh 2 orang anggota DPR yang mempunyai kesukaan yang sama?

8.   Coba jelaskan sifat peristiwa dari kejadian-kejadian di bwah ini :

a.  Tinggal di Grogol dan kuliah di Salemba Raya .

b. Melihat program televisidan membeli barang yang di lakukan dalam televisi itu.

c. Menarik sebuah kartu berwarna merah atau sebuah kartu As dari satu tumpuk kartu .

d. Melempar 2 butir dadu bersama-sama untuk memperoleh jumlah mata 7 dan 8.

9.   Untuk meningkatkan pemasang iklan dalam harian Merdeka, pimpinan memutuskan untuk melapori penggunaan “iklan berwana” ( A­) dan iklan biasa (A2) , setelah diadakan percobaan tersebut selama setahun, maka diperoleh keterangan hasil-hasil pemasang menurut du jenis pemasang: ­­P(perorangan) dan P­ (perusahaan ) sebagai berikut:

Dari sejumlah 1 juta pemasanang iklan dalam tahun teresebut maka 400 ribu telah memilih iklan brwarna dan banyaknya perusahaan yang memasang iklan adalah 550 ribu. Jika diantara pemasang iklan biasa separuh tersiri dari perorangan, maka carilah probabilita:

­(A­), ­(P­2), p( A­ P1) ­

­ ­p(A2 I P ) dan ­(A­2 P2)

Jawaban

1. Dik : A = Konsumen Sabun Juwita (500 konsumen)

B = Konsumen Sabun Puspita (300 konsumen)

Dari hasil survey 100 konsumen didapat :

1 ­= Konsumen Sabun Juwita yang membeli karena bungkus dan iklannya (40 konsumen)

2­ ­= Konsumen Sabun Juwita yang membeli karena parfumnya (50 konsumen)

3 ­= Konsumen Sabun Juwita yang membeli karena ukurannya (20 konsumen)

1­ ­= Konsumen Sabun Puapita yang membeli karena parfumnya (40 konsumen)

2­ ­= Konsumen Sabun Puspita yang membeli karena parfumnya (60 konsumen)

3­ ­= Konsumen Sabun Puspita yang membeli karena parfumnya (10 konsumen)

Dit : Apa yang menjadi daya tarik konsumen Sabun “Juwita” dan “Puspita” bila hanya diperbolehkan menggunakan satu kriterium per sabun

Jawab :


P (A­1) =

P (A­2) =

P (A­3) =

P (B­1) =

P (B­2) =

P (B­3) =

x 500 = 200

x 500 = 250

x 500 = 100

x 300 = 120

x 300 = 180

x 300 = 30

Maka :

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Juwita karena bungkus dan iklannya ada 200 konsumen

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Juwita karena bungkus dan iklannya ada 250 konsumen

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Juwita karena bungkus dan iklannya ada 100 konsumen

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Puspita karena bungkus dan iklannya ada 120 konsumen

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Puspita karena bungkus dan iklannya ada 180 konsumen

Konsumen Ibukota tertarik pada sabun Puspita karena bungkus dan iklannya ada 30 konsumen

2.  Dik : A = 8 kaleng baik

Ā = 2 kaleng rusak

n = 10

x = 2

p (A) =

p (Ā) =

a)

b)

c)

3. dik :

1 2­­
1 0,18 0,22 0.4
A­­2 0,27 0,33 0,6

0,45       0,55      1

a) P = (A­ ­1 ­) = 0,4  =0,18

Pembaca intisari dengan syarat laki-laki

P=  (A­­I ­1 ­) = p

Bukan pembaca intisari laki-laki

P= (A­ ­2 ­) = 0,6 = 0,33

Bukan pembaca intisari wanita

b) tidak, karena peristiwa diatas tidak saling lepas.

6 )    Dit : A­ = tidak merokok (20)

= merokok kretek (60)

3 ­= merokok bukan kretek (40)

a) ­p(T) =

b) ­p(B ) =

c) ­p(K) =

d) ­p(M) =

e)  ­p(K) =

7)    dik :  A­ = suka mobil Holden dan suka mobil Fiat

= suka mobil Holden dan tidak suka mobil Fiat

3 ­= tidak suka mobil Holden dan suka mobil Fiat

4 ­= tidak suka mobil Holden dan tidak suka mobil Fiat

Golongan frekuensi

3 ­

4

10

30

20

40

Jumlah

100

a)

P (A­1) = 0,1

P (A­2) = 0,3

P (A­3) = 0,2

P (A­4) = 0,4

b) ­p(H) = ­­p(A­1) p(A­2) = 0,1  0,3 = 0,4

­p(F) = ­­p(A­1) p(A­3) = 0,1  0,2 = 0,3

­ p(H ) = ­­p(H) p(F) = 0,4  0,3 = 0,4

­ p(H I F) = ­­p

­

c) ­p(H) = 0,3 0,2 = 0,5

d)

8. a) tidak saling lepas (union)

b) komplimenter

c) independen

d) dependen

9.  dik : (A­1) = iklan warna (400)

(A­2) = iklan biasa (900)

(P1) = perorangan (450)

(P­2­) = perusahaan (550)

Ket: A­1 ­dan A­2 ­→ 1,300,000

1 ­dan A­2 →  1,000,000

P (A­1) =             P (A­2)=

P (P­2) =            P (P­1)=

p(H ) = ­­p(A­1) p(P­1)=

p(A­2 I P­1) = p(A­2 ­) =

p(A­22 )= ­­p(A­2) p(P­2)=

Published in: on Mei 18, 2010 at 8:25 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://fannymp120203090100.wordpress.com/2010/05/18/praktikum-statistika-ii/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: