Ilmu makro ekonomi III (konsumsi dan investasi)

a. konsumsi dan tabungan

1. pendapatan setelah pajak merupakan penentu penting konsumsi dan tabungan. Fungsi konsumsi merupakan skedul yang menghubungkan total konsumsi dengan total pendapatan setelah pajak. Karena setiap dollar dari pendapatan setelah pajak itu ditabunga atau dikonsumsi, fungsi tabungan merupakan sisi lai atau bayangna cermin dari fungsi konsumsi.

2. ciri-ciri utama dari fungsi konsumsi dan tabungan :

a. fungsi konsumsi (tabungan) menghubungkan tingkat konsumsi (tabungan) dengan tingkat pendapatan setelah pajak.

b. kecenderungan margin untuk mengkonsumsi (MPC) merupakan jumlah dari konsumsi ekstra yang dihasilkan oleh dollar ekstra dari pendapatan setelah pajak.

c. kecenderungan margin untuk menabung (MPS) merupakan tabungan ekstra yang dihasilkan dari dollar ekstra dari pendapatan setelah pajak.

d. secara grafik, MPC dan MPS merupakan slope dari skedul konsumsi dan tabungan.

e. MPS = 1 – MPC

3. penjumlahan seluruh ungsi konsumsi individu memberikan kita fungsi konsumsi nasional. Dalam bentuk yang paling sederhana, ini menunjukkan total pengeluaran konsumsi sebagai fungsi pendapatan setelah pajak. Variabel yang lain, seperti pendapatan permanen atau efek siklus-hidup, kemakmuran, dan usia juga mempunyai dampak yang berarti pada ola-pola konsumsi.

4. angka tabungan pribadi turun secara tajam pada dua dasa warsa terakhir. Untuk menjelaskan penurunan ini, para ekonom menunjuk kepada jaminan sosial dan program kesehatan pemerintah, perubahan dalam pasar modal, dan kenaikan yang cepat dalam kekayaan pribadi karena ledakan pasar saham pada tahun 1990-an. Tabungan yang menurun menyengsarakan perekonomian karena tabungan priadi merupakan komponen utama dari tabungan dan investasi nasional. Sementara orang-orang merasa lebih kaya karena ledakan pasar.

b. Investasi

5. komponen utama yang kedua dari pengeluaran adalah investasi domestik pribadi bruto dalam perumahan, pabrik, perangkat lunak dan peralatan. Perusahaan-perusahaan berinvestasi untuk memperoleh laba. Kekuatan-kekuatan ekonomi utama yang menentukan investasi oleh karena it merupakan revenue yang dihasilkan oleh investasi terutama dipengaruhi oleh status siklus bisnis, biaya investasi ditentukan oleh suku bunga dan kebijakan perpajakan.

Published in: on Mei 18, 2010 at 8:32 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://fannymp120203090100.wordpress.com/2010/05/18/ilmu-makro-ekonomi-iii-konsumsi-dan-investasi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: