ilmu makro ekonomi I (tijauan mengenai ilmu makroekonomi)

a. konsep-konsep pokok ilmu makroekonomi

1. ilmu makro ekonomi merupakan ilmu  yang mempelajari perilaku seluruh perekonomian, ilmu ini menganalisis pertumbuhan jangka-panjang seperti juga pergerakan siklus dalam total output, pengangguran dan inflasi, penawaran uang dan devisit budget, dan perdagangan internasional dan keuangan,. Ini merupakan kebalikan dari ilmu makroekonomi yang memepelajari perilaku pasar, harga dan output individual.

2. Amerika Serikat menyatakan tujuan-tujuan ekonomi makrona didalam undang-undang ketenagakerjaan 1946, yang menyatakan bahwa kebijakan federal adalah untuk mengembangkan lapangan kerja, produksi dan daya beli yang maksimum.

b. penawaran dan permintaan agregat

3. konsep ini memahami penentuan output dan tingkat harga nasional adalah agregate supply (AS= penawaran agregat) dan agregate demand (AD= permintaan agregat). Permintaan agregat terdiri dari total pembelanjaan di suatu perekonomian oleh rumah tangga, bisnis, pemerintahan, dan orang asing. Ini mewakili total output yang bersedia dibeli pada amsing-masing tingkat harga, dengan kebijakan moneter dan fiskal yang ada dan faktor lain yang memepengaruhi permintaan. Penawaran keseluruhan menggambarkan seberapa banyak output yang besedia dihasilkan nisnis dijual dengan harga, biaya dan kondisi pasar yang ada.

4. kurva AS dan AD memiliki bentuk yang sama seperti kurva penawaran dan permintaan yang dianalisa dalam ilmu mikroekonomi. Kurva AD yang miring ke bawah menunjukkan jumlah yang akan dibeli konsumen, perusahaan, dan pembeli lain pada masing-masing tingkat harga, dengan faktor-faktor lain dipertahankan konstan.kurva AS menggambarkan jumlah yang akan bersedia dihasilkan oleh bisnis dan dijual pada masina-masing tingkat harga, hal-hal lain dipertahankan konstan. Tetapi hati-hati dengan kekacauan potensial dari ekonomi mikro dan penawaran dan permintaan agregat.

5. keseluruhan ekuilibrium ekonomi makro, yang menentukan baik harga maupun output agregat, muncul di tempat kurva AS dan AD salin memotong. Pada tingkat harga ekuilibrium, para pembeli bersedia membeli apa yang bersedia di jual oleh bisnis. Output ekuilibrium dapat berangkat dari pekerjaan sepenuhnya atau output potensial.

Published in: on Mei 18, 2010 at 8:30 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://fannymp120203090100.wordpress.com/2010/05/18/ilmu-makro-ekonomi-i-tijauan-mengenai-ilmu-makroekonomi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: